Mahalnya kuliah

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa kuliah itu mahal. “Ya memang pendidikan itu memang mahal jangankan untuk berkuliah sekolah SD hingga SMA pun perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit, mulai dari iuran spp hingga membayar uang pangkal atau bangunan. Sebenarnya untuk mendapatkan ilmu setelah lulus SMA tidak harus melanjutkan kuliah. Di era sekarang ini semua ilmu bisa didapat tanpa duduk di bangku kuliah asalkan orang tersebut mau belajar sendiri dan berusaha keras atas impiannya pasti bisa sukses. Namun, tidak semua manusia di bumi ini memiliki jiwa yang mandiri dan autosuccess oriented. Berdirinya suatu lembaga pendidikan adalah untuk membentuk manusia-manusia menjadi terampil dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Image result for ruang kuliah ui

Perkembangan zaman menuntut kita untuk terus bergerak begitu cepat. Di era disruptip ini akan menjadi bahaya jika seseorang tidak ingin belajar dan meningkatkan kemampuan dirinya. Salah satu cara agar seseorang dapat meningkatkan skill adalah dengan cara menempuh pendidikan tinggi, karena dengan pendidikan tinggi mindset seseorang akan terbentuk. Namun, tidak semua orang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi khususnya bagi kalangan menengah ke bawah, karena biaya untuk kuliah di suatu universitas, intitute atau sekolah tinggi itu cukup mahal. Hingga saat ini pemerintah Indonesia sendiri belum mampu menyediakan pendidikan murah yang bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat secara merata.

Walaupun saat ini banyak program-program beasiswa yang bisa didapatkan oleh masyarakat tapi tidak semua orang bisa mendapatkan beasiswa tersebut, karena notabennya program beasiswa hanya bisa didapatkan oleh seseorang yang memiliki iQ tinggi atau siswa/siswi yang berprestasi secara akademik saja, sementara siswa/siswi yang memiliki nilai biasa saja tidak memiliki kesempatan beasiswa tersebut. Itu artinya orang bodoh akan tetap menjadi bodoh ditambah lagi tidak memilki biaya untuk pengembangan dirinya. Jika seperti itu terus, tidak heran jika sebagian besar skill SDM di Indonesia masih dianggap rendah sehingga Negara ini masih jalan di tempat sebagai Negara berkembang saja / tidak maju. Ketidakmerataan sistem pendidikan dan biaya pendidikan di Indonesia menjadi PR yang sangat urgent bagi pemerintah, namun permasalahan tersebut cukup sulit untuk diseselesaikan dalam waktu singkat. Membutuhkan waktu dan anggaran yang besar untuk merealisasikannya.

Sebagai warga Indonesia yang baik dan melek akan perubahan zaman, maka kita perlu berbenah diri, mempersiapkan diri, berinovasi dan mengembangkan diri dengan cara apapun agar kita tetap bisa survive di era disruptip ini. Banyak bergaul, banyak membaca, pelajari hal-hal baru, belajar menganalisa, berwirausaha, bergabung dengan komunitas yang mengedukasi dan melakukan hal positif lainnya. Hal apapun bisa kita pelajariĀ  baik secara langsung maupun secara online, so’ keep learning yaaa ..

 

Advertisements

One thought on “Mahalnya kuliah

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: