Susahnya belajar Bahasa Inggris!

Seperti yang kita ketahui bahwa sampai saat ini hahasa Inggris adalah bahasa international yang paling umum digunakan di seluruh dunia untuk berkomunikasi. Karena itulah bahasa Inggris ini menjadi penting untuk dipelajari oleh siapapun, yes.. siapapun!. Pada blog ini saya akan berbagi rasa tentang susahnya belajar bahasa Inggris. “Susah sih engga hanya saja tidak mudah, setuju ga? (sama aja dul).

Image result for susahnya belajar bahasa inggris

Dari beberapa artikel survei yang saya baca, banyak yang menyatakan bahwa tingkat kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia masih rendah bahkan jauh di bawah negara-negara tetangga kita Singapore, Malaysia dan Filipina yang tingkat kemampuannya sudah tinggi. Whatt!!! negara sekeren ini tingkat kemampuan bahasa Inggrisnya rendah?? “hmm yausudahlah memang faktanya seperti itu. Btw untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris suatu negara bisa dilihat di EF EPI.

Pada jaman now’ ini, kemampuan berbahasa menjadi sangat penting. Pasalnya, film makanan, peralatan, informasi, semua dapat tersaji dalam berbagai bahasa. Lazimnya, selain dengan bahasa lokal, biasanya dalam berbagai produk juga dicantumkan menggunakan bahasa internasional. Yap, bahasa Inggris memang wajib dikuasai agar kita mampu menyesuaikan diri dalam era globalisasi. Globalisasi sudah tak mungkin dihindari saat ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, terutama pengguanann internet yang kian meluas, membawa dampak nyata terbukanya ruang dan kesempatan baru dalam transaksi perdagangan antar negara. Terlebih lagi sejak akhir tahun 2015 lalu Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah diberlakukan dan saat ini telah menuju ASEAN Vision 2020 bersama negara-negara Asia Tenggara lainnya. Karena hal itulah kemampuan berbahasa internasional menjadi sangat dibutuhan.

Sebagai orang Indonesia yang hidup di jaman now saya pun terpacu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya, secara “my english skill is amburadul, padahal kita ini sebenarnya belajar bahasa Inggris sudah sejak SD, SMP, SMA bahkan di bangku kuliah kita masih belajar, tapi masih saja sampai saat ini banyak yang tidak bisa berbahasa Inggris. Banyak faktor yang membuat Indonesia ini menjadi negara English Skill nya rendah. Salah satunya bisa jadi karena sistem pendidikan di Indonesia yang belum merata atau karena pola pikir masyarakat kita yang masih menganggap bahasa internasional tidak begitu wajib dikuasai.

Untuk bisa berbahasa Inggris memang sangat tidak mudah, butuh banyak pengorbanan yang harus dilakukan terutama bagi orang-orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris seperti sebagian besar masyarakat Indonesia dan negara-negara lainnya, yang mana bahasa yang digunakan sejak kita lahir adalah bahasa bahasa lokal, bukan bahasa Inggris. Namun, semakin berkembangnya pola pikir masyarakat, banyak di antara orang-ornag Indonesia yang sengaja menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan putra-putrinya sejak baru dilahirkan, dengan tujuan ketika putra-putri mereka beranjak dewasa akan terbiasa dengan bahasa Inggris dan jika punya uang lebih disekolahkan di International School, “I think it’s good idea tapi sebagai warga Indonesia yang baik dan tinggal di tanah air tercinta ini tentu harus bisa berbahasa Indonesia yang baik juga, setuju dong”.

Image result for bahasa inggris

Mungkin karena banyaknya aspek-aspek dalam bahasa Inggris yang harus dikuasai dan dipahami menjadikan bahasa Inggris itu sendiri enggan untuk dipelajari oleh sebagian banyak orang. Yap, bahasa Inggris bukan hanya sekedar menghafal vocabulary tapi juga ada grammar, structure, pronounciation, culture, idiom, slang etc. yang juga perlu kita pahami agar kita bisa berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang-orang luar negeri dengan baik, baik untuk kepentingan bisnis maupun sosial. Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini sebenarnya sangat mudah bagi kita untuk belajar bahasa Inggris tanpa harus pergi ke tempat kursus bahasa, karena kita bisa belajar melalui sosial media, YouTube, dan banyak aplikasi-aplikasi yang bisa didapatkan gratis melalui Android ataupun iOS yang mana bisa kita pergunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan score TOEFL/IELT akan meningkat. Namun, bagi sebagian orang layanan teknologi seperti itu rasanya belum cukup karena ada sebagian orang yang lebih ingin belajar atau berinteraksi secara langsung dengan tutornya. Well, itu wajar aja sih karena kapasitas otak manusia memang berbeda-beda, makasudnya adalah ada orang yang bisa self learning dengan caranya sendiri ada juga yang harus dipandu dengan pengajar untuk bisa menguasai sesuatu. Sebenarnya itu tergantung dari manusianya, memang untuk mendapatkan yang diinginkan, diri kita sendiri yang harus berusaha jangan selalu tergantung oleh orang lain, itu sudah menjadi hukum kehidupan (so bijak).

“Jadi, bagi temen-temen yang ingin bisa berbahasa Inggris tapi merasa kesulitan, kalian engga boleh nyerah, Belajar bahasa Inggris memang tidak mudah, tapi bahasa ini sangat penting untuk kedepannya. Coba lihat orang-orang yang bahasa Inggrisnya sudah jago, mereka terlihat lebih smart bukan? “Nah itulah salah satu manfaat kita bisa berbahasa Inggris, kita akan terlihat lebih smart ketika kita bisa menguasai berbagai bahasa, minimal bisa bahasa Inggris lah yaa”, misalnya ada orang yang jago banget di bidang matematika, akuntansi atau bidang lainnya, tapi kalo mereka ga bisa bahasa Inggris rasanya mereka kurang keren aja gitu”. Yap, biar bagaimanapun kita tetap harus balance, kita harus seimbang antara kemampuan bahasa Inggris dan bidang lainnya yang menjadi passion. Jadi, selain memperbanyak vocabulary, pemahaman structure dan segala macemnya, kita juga harus melatih conversation. Conversation ini sangat penting, namun akan kesulitan juga jika kita tidak memiliki lawan untuk speak up. Menurut beberapa teacher yang ada di YouTube salah satu solusinya adalah berbicara kepada diri sendiri pake bahasa Inggris, mungkin agak sedikit terasa aneh tapi jika itu dilatih terus akan meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Solusi lain jika kita tidak memiliki lawan untuk berconversation adalah bergabung dengan komunitas yang setiap anggotanya diharuskan menggunakan bahasa Inggris ketika kita berbicara atau menyampaikan pendapat. Di Jakarta sendiri ada beberapa komunitas yang setiap anggotanya ketika berada dalam komunitas tersebut harus menggunakan bahasa Inggris, salah satunya adalah “Britzone Community”, komunitas ini akan sangat membantu meningkatkan conversation skill, hanya saja saya belum sempat bergabungg, next saya akan coba join di komunitas ini!

Di internet banyak banget yang udah share beberapa tips untuk bisa berbahasa Inggris, itu bisa kita jadikan sebagai panduan. Pada intinya jika kita ingin lancar berbahasa Inggris, kita harus belajar bahasa Inggris setiap hari dan ga boleh putus karena biasanya kalo udah putus agak susah move on. Banyak yang mengatakan, “untuk bisa berbahasa Inggris dengan cepat kita hanya perlu melakukan ‘Learning, reading, watching, listening, speaking and thinking’ in English everyday”, inget ya gaes “in English everyday”.

Image result for learning english everyday

Baiklah semoga buat temen-temen yang bernasib sama seperti saya mengenai tentang sulitnya belajar bahasa Inggris, diberikan kemudahan dalam menjalani hari-harinya, semangat dan keep learning. Untuk mengetahui tips-tips lancar bahasa Inggris lebih detail, kalian bisa searching di google atau mampir di sini ‘ iya di Sini!

Sekian dulu cerita kali ini, next saya akan corat-coret lagi di blog ini untuk berbagi pengalaman lainya. See you gaes keep learning yaaaa!

Advertisements

2 thoughts on “Susahnya belajar Bahasa Inggris!

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: